Minggu, 25 September 2016

Tips Memasak Bandeng yang Enak Empuk dan Gampang Banget

Bandeng merupakan salah satu jenis ikan bergizi tinggi, ikan ini termasuk penghasil protein tinggi. Karena bahan ini murah dan mudah ditemukan dipasaran maka banyak sekali jenis olahan yang bisa dibuat dari bahan dasar bandeng. Jika anda tertarik memasak dengan bahan olahan ikan ini, silakan simak tips memasak bandeng berikut ini.


Cara memilih ikan bandeng
Jenis ikan bandeng untuk bandeng isi tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil. Pilih yang memiliki berat sekitar 400 gram. Kalaupun lebih berat jangan lebih dari 500 gram. Bandeng yang terlalu kecil, kulitnya belum cukup kencang hingga mudah sobek ketika kita keluarkan dagingnya. Pilih bandeng yang masih besar dan memiliki kulit kencang. Perhatikan sisiknya cari yang masih utuh karena ikan yang sudah rontok sisiknya sudah tidak segar lagi.
Cara Mengeluarkan Tulang Bandeng
  • Paling awal keluarkan tulang bandeng yang paling besar.
  • Pukul- pukul badan ikan hingga daging terlepas dari kulitnya
  • Tekuk ekor ikan hingga tegak lurus ikan. Tulang akan langsung patah. Kita bisa meresakan atau mendengarkannya.
  • Tarik ikan dari leher
Cara Mengeluarkan Daging Bandeng
Keluarkan dengan menggunakan sendok makan agar daging ikan keluar semua.
Cara lain: giling badan ikan perlahan dari ekor menuju ke kepala supaya daging ikan keluar semua.
Tips Mengadoni Ikan Bandeng
Daging ikan bandeng bisa dicampur dengan bumbu tradisional dan juga telur sebagai pengikat. Namun anda bisa juga mencampurnya dengan tempe, tahu ataupun dengan sayuran.
Bumbu Ikan Bandeng
Selain bumbu yang biasanya digunakan untuk mengolah ikan, bisa juga anda memvariasikannya dengan bumbu lain. Seperti bumbu opor bumbu ayam goreng bumbu rujak dan sebagainya.
Tips mengisi adonan Ikan Bandeng :
Seperti membuat kue masukan adonan yang akan dijadikan isi kedalam plastik segitiga. Semprotkan melalui leher ikan sambil didorong ke bawah supaya seluruh ikan terisi.
Cara Mengukus Ikan Bandeng
Ikan bandeng yang sudah diisi, sebaiknya dibungkus daun pisang agar isinya tidak keluar. Lalu kukus seperti biasa.
Cara Menggoreng Ikan Bandeng :
Gunakan wajan anti lengket berbahan teflon agar ikan tidak menempel pada wajan. Tapi jika terpaksa menggunakan wajan lain alasi dengan menggunakan daun pisang. Hati hati ketika membaliknya agar kulit ikan tidak sobek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar